Kamis, 02 Februari 2012

Menulis



Sebenernya pengen banget buat aktif nulis dan terus memposting tulisan-tulisan hasil sendiri di blog/notes facebook, tapi ya kadang saya suka males, padahal ide serta tema tulisan udah ada di otak tapi saat pengaplikasian suka tiba-tiba mandek. Tema tulisan pun saya sadari cenderung monoton, yaitu tentang aktivitas jalan-jalan yang biasa di sebut dengan catatan perjalanan. Kalau tidak ada kegiatan jalan-jalan ya jarang nulis, itulah salah satu kelemahan bila kita hanya terpaku pada satu topik/tema tulisan, yaitu monoton.


Menurut saya, tema atau tulisan yang paling mudah adalah mengenai tema-tema sederhana, seperti tulisan mengenai kegiatan yang kita jalani/lakukan sehari-hari, apa yang kita lihat serta rasakan langsung ataupun mungkin curhatan pribadi. Menulis bisa jadi salah satu "artefak" peninggalan dari sejarah hidup kita sendiri, sesederhana apapun yang kita sampaikan dalam sebuah tulisan. Menulis bisa jadi salah satu media yang paling mudah, murah dan sederhana dalam mendokumentasikan sepenggal hidup kita berupa rangkaian kata-kata. Kita tidak harus punya komputer, cukup buku ataupun kertas yang bisa ditulisi serta sebuah pena pun jadi.

Di era teknologi seperti saat ini, bagi yang suka menulis mungkin sangat dimudahkan dalam mengeksperikan hasratnya berupa tulisan-tulisan, baik bagi dirinya sendiri ataupun untuk konsumsi orang banyak. Bila dulu agar tulisan kita di baca orang banyak kita perlu bersusah payah bersaing agar tulisan kita dimuat dan dibaca di surat kabar. Tapi di era sekarang, bisa dikatakan sudah sangat berbeda dan dimudahkan oleh teknologi, kita tidak perlu bersusah payah mengirimkan tulisan ke surat kabar agar tulisan kita di baca orang banyak, kita tinggal posting saja tulisan kita di berbagai macam media internet dan tulisan pun sudah bisa diakses dan dibaca oleh orang banyak (walaupun masih tergantung semenarik dan semanfaat apa tulisan itu di mata orang lain). Tapi tetap saja tulisan yang dimuat media massa masih memiliki nilai dan prestise tersendiri.


Bandung, 2 Februari 2012
-opik-

2 komentar:

  1. tulislah apa yang ada dalam pikiran kita,.
    apapun, tulislah walaupun satu paragraf,..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak anda.

Terima kasih sudah berkomentar