Jumat, 11 Januari 2013

Alternatif Murah Kereta Api Bandung - Jakarta




 
*Stasiun Kiaracondong Bandung
Bermula dari melihat sebuah spanduk di Stasiun Kiaracondong (Kircon) Bandung beberapa bulan lalu yang menginformasikan bahwa ada jurusan kereta murah dari Bandung ke Jakarta (Stasiun Kota) via Purwakarta. Jadi ya sekedar sharing info aja dari sedikit pengalaman beberapa waktu lalu. Sebenernya juga kereta yang dimaksud adalah kereta ekonomi dengan sistem 2 kali naik kereta.

Nah, mungkin teman-teman ada yang punya banyak waktu dan berminat nyobain berkereta murah Bandung-Jakarta via Purwakarta. Cekidot aja.


  •   Pertama dari Stasiun di Bandung (disarankan naik dari Stasiun kircon atau Stasiun Bandung) naik kereta Cibatuan (bermula dari Cibatu, Garut) yang jurusan ke Purwakarta, berangkat dari Kircon pukul 08:02, dari Stasiun Bandung pukul 08:21 dan nyampe di Stasiun Purwakarta Pukul 10:50, Harga tiketnya Rp.3.000.

  •   Nah dari Stasiun Purwakarta lanjut lagi naik kereta Patas Ekonomi Purwakarta keberangkatan pukul 12:00, nyampe Stasiun Kota (Jakarta) sekitar pukul 15:00, tiketnya masih sama Rp.3.000. Jadi ongkos pergi aja Bandung-Jakarta Rp.6.000.


Catatan: Kereta ini cocok banget buat yang ngga ngejar waktu, karena waktu tempuhnya lumayan lama. Selain itu kereta ini sangat cocok buat yang mau melancong hemat ke Jakarta khususnya ke kawasan Kota Tuanya, ya karena jarak dari Stasiun Kota (biasa juga di sebut Beos) ke kawasan Kota Tua cukup deket, tinggal nyebrang dan deket pula sama shelter Busway. Penting juga diingat, jadwal kereta pergi ini cuman sekali sehari, jadi kalo ketinggalan, ya sudah.

Buat pulangnya dari Jakarta ke Bandung, ada alternatif hemat juga.

  •   Masih sama naik kereta Patas ekonomi Purwakarta Rp.3000, disarankan berangkat dari Stasiun Kota yang pukul 13:45, nyampe Purwakarta pukul 16:28.

  •   Tapi dari Purwakarta kita ngga mungkin langsung nyambung naik kereta lagi, jadi alternatifnya kita naik angkutan umum.

> Dari stasiun Purwakarta naik angkot 03 dulu ke halte di pinggir jalan Rp.3.000. >Terus naik elf jurusan Purwakarta-Bandung, nanti nyampe mentok diturunin, biasanya ngga nyampe Bandung cuman nyampe ke Cikalong, kasih aja Rp.5.000. 

> Dari Cikalong naik angkot kuning jurusan Cipeundeuy-Padalarang, nanti turun aja di Stasiun Padalarang ongkos, Rp.3.000-Rp.4.000. 

> Dari Stasiun Padalarang lanjut naik kereta KRD ekonomi ke Stasiun-stasiun tujuan yang ada di Bandung, tiketnya Rp.1.000-Rp.1.500. Nah, jumlah ongkos Pulang Jakarta-Bandung sekitar Rp.16.000.

Jadi total semua ongkos Bandung-Jakarta PP, sekitar Rp.22.000.

(Atau kalo ngga mau ribet, dari dari Halte di Purwakarta naek bis primajasa di pinggir jalan, cuman ongkosnya kurang tau)

Rute pulang dari Jakarta-Bandung mungkin agak ribet, tapi kalo yang suka muter-muter dan nyari tempat baru jalur ini patut dicoba. Ditambah sepanjang jalan viewnya cukup bagus. Selain itu, beberapa bangunan stasiun-stasiun kecil cukup menarik, khususnya bagi yang suka arsitektur peninggalan kolonial. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang dompetnya masih tipis.

PENTING: Jadwal kereta ekonomi sekarang cukup ontime, jadi datang dan beli tiket sebelum terlambat. Terus harga tiket dan jadwal mungkin bisa berubah sesuai ketentuan dari  PT. Kereta Api. Begitu pula dengan ongkos angkot.

*foto: wikipedia

18 komentar:

  1. Cocok bt backpacker..murah bgt cuman 22rb bdg-jkt PP..Thnx 4 sharing

    BalasHapus
  2. pulangnya knp jadi susah ya?
    enak perginya pulangnya ribet...

    BalasHapus
  3. @dewi : yupps..lumayan bisa hemat bt yg suka backpackeran.. @jusair: iya kang pulangny aga ribet,tp bisa jga dr st.kota jakarta naek kereta ekonomi jurusan yg ke jawa, tar mungkin bisa turun di bdg..tp blum sempet update tiketny brpaan.

    BalasHapus
  4. Bisa sama aja brangkat dr jkt nya pke patas pagi skitar jam 9nan nyampe pwk jam 11.35 lsung sambung kreta cibatu jam 13:00

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyampe purwakarta sekitar jam 11 (kalo ga ngaret)

      dari purwakarta ke jakarta kota berangkat sekitar jam 12

      Hapus
  5. gan, sekarang kereta ekonomi masih ada g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau gan.. saya naik kereta ini bulan februari, ekonomi jarak jauh yang udah ga ada mah.

      Hapus
  6. sekarang tiketnya 25000 dari jakarta kota-purwakarta. Oiya itu ongkos angkot ga berubah kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah naik ya, jadi 25rb..? saya belum cek ongkos kereta.

      tapi ongkos angkot sih ga berubah, kalo bbm belum naik.

      Hapus
  7. mo nyoba 2 juli besok ..... makasi infonya

    BalasHapus
  8. jadwal kereta pastinya berubah gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya berubah mba, saya belum cek lagi jadwal yg baru, :)

      Hapus
  9. Balasan
    1. sami2.. nuhun juga sudah berkunjung :)

      Hapus
  10. Waah ketinggalan info nih, baru tahu suwer gan :)

    BalasHapus
  11. baru tau klo bandung jakarta PP bisa kurang dari 50rb -_-

    nice info keren haha bisa bulak balik main bandung-jakarta

    BalasHapus
  12. klo yg jam 8 50 malam ada gk?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak anda.

Terima kasih sudah berkomentar