Kamis, 03 Januari 2013

Alternatif Hemat Kereta api dari Bandung Ke Malang





Peron Stasiun Malang, November 2012

Dari sedikit pengalaman saya beberapa bulan yang lalu, saya mencoba untuk berbagi sedikit tips untuk teman-teman semua yang ingin berpergian/melancong/backpacker atau apapun itu namanya menuju kota Malang dari Bandung. Terlebih khususnya yang memilih menggunakan moda transportasi Kereta Api. Biasanya kereta api yang khusus untuk jurusan Bandung – Malang adalah kereta Malabar Ekspres. Tentunya kereta Malabar Ekspres dengan rute jarak jauhnya, memiliki harga tiket yang tidak murah, bahkan untuk kelas ekonomi sekalipun. Harga tiketnya seingat saya dimulai berkisar dari Rp.180.000. Mungkin harga tersebut cukup mahal untuk para pelancong yang ingin berpergian ke daerah Malang raya dan sekitarnya dengan hemat.

Untuk menyiasatinya, seperti judul tulisan ini, alternatif hemat. Langsung saja yuk teman-teman simak sedikit tips hematnya.


Stasiun Kediri

Alternatif Pertama (Direkomendasikan)


  • Pergunakan kereta api Kahuripan ekonomi Jurusan Kediri. Keberangkatan dari Stasiun Padalarang pukul 20:00 dan Stasiun Kiaracondong pukul 20:40. Sampai di Stasiun Kediri pukul 11:21 (esok harinya). Harga tiket ekonomi: Rp.38.000, ekonomi AC Rp.130.000.
  • Dari Stasiun Kediri bisa memilih 2 moda transportasi, kereta api lagi atau bis.
         -Kereta api. Stasiun Kediri – Stasiun Kota Baru Malang, bila setelah tiba di Stasiun Kediri ingin langsung pergi menuju Malang, sebaiknya setelah tiba, cepat-cepat menuju loket pembelian tiket kereta api lokal, yaitu kereta Penataran atau biasa disebut juga Rapih Doho. Pemberangkatan dari Stasiun kediri sekitar pukul 12.10 – dan sampai di Stasiun kotabaru Malang sekitar pukul 15:00 dengan tiket seharga Rp.5.500. Kereta api ini lebih direkomendasikan untuk yang ingin berpergian menuju daerah Gunung Semeru atau Bromo atau melancong di dalam kota Malang.
      -Bis. Atau bila kehabisan tiket kereta api, bisa pula mengunakan bis Puspa indah jurusan Kediri – Malang. Dengan ongkos Rp.17.500, pemberhentian terakhir di Terminal Tlogomas Malang, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Bagi yang ingin menuju objek-objek wisata yang ada di daerah wisata kota Batu dan sekitarnya, bis ini lebih direkomendasikan daripada menggunakan kereta api lokal, karena bis ini melewati beberapa objek wisata seperti kota batu, gunung panderman, taman safari 2, dll. Dari Terminal Tlogomas, terdapat banyak angkutan umum dengan berbagai jurusan, tinggal disesuaikan tujuan teman-teman. Dan jangan sungkan untuk sering bertanya.


Alternatif kedua 


  • Pergunakan Kereta api Pasundan ekonomi jurusan Surabaya (Stasiun Surabaya Gubeng). Keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pukul 06:05 dan tiba di Stasiun Surabaya gubeng sekitar pukul 23:10. Harga tiket Rp.38.000.


  • Dari Stasiun Surabaya gubeng, bila malam hari tak ada kereta api yang beroperasi, bisa langsung menuju Malang  menggunakan bis malam.
  • Atau bila ingin menggunakan kereta api lokal Penataran, harus menunggu esok hari. Dengan harga tiket sekitar Rp.5.500, waktu tempuh sekitar 3 jam.
 Tabel Keberangkatan dari Surabaya ke Malang, dok: google
Kereta Api Jur. Sby-Mlg-Blitar  Jur. Blitar-Mlg-Sby
No Nama Brk Dtg Relasi Brk Dtg Relasi
975 974 Penataran 04.45 09.55 SB.Gub -Mlg-Bltr 04.25 07.06 Mlg-Gub
977 976 Penataran 07.40 12.40 Sb.Gub- Mlg-Bltr 04.35 09.47 Bltr-Mlg-Gub
979 978 Penataran 10.55 16.12 SB.Gub- Mlg-Bltr 07.35 12.43 Bltr-Mlg-Gub
981 980 Penataran 15.20 17.50 SB.Gub- Mlg 10.00 14.58 Bltr-Mlg-Gub
983 982 Penataran 16.20 21.33 SB.Gub- Mlg-Bltr 12.41 17.42 Bltr-Mlg-Gub
985 984 Penataran 18.25 21.05 SB.Gub- Mlg 16.31 21.19 Mlg-Gub


Harga tiket dan jadwal  kereta serta bis yang saya sebutkan mungkin sewaktu-waktu bisa berubah. Dan sebaiknya untuk tiket kereta api jarak jauh (Bandung - kediri atau Bandung - Surabaya) terlebih dulu dipesan secara online atau langsung ke Stasiun. Atau melakukan pembelian tiket minimal seminggu sebelum keberangkatan untuk menghindari kehabisan tiket serta beli pula tiket untuk pulangnya. Dan jangan sungkan untuk bertanya pada petugas kereta api untuk update jadwal, rute serta harga tiket, karena update di internet biasanya butuh proses untuk sampai menjadi informasi.

25 komentar:

  1. Nemu juga ni artikel hemat kereta api dr Bandung-Malang.. kalo pake malabar emang mahal bgt.. Thanx keep posting.. :)

    BalasHapus
  2. Thanks info Ωÿâ, dpt pencerahan jugaa akhirnya.
    Tapi mulai 9 maret'13 Άϑα peraturan baru, dr bdg ekonominya AC semua skrg :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah...belum tau infonya saya.. liat info di stasiun mba..?

      Hapus
  3. Iyya mas, maaf per tgl 1 apr'13 adaa perubahan jdwl & harga untuk KA jarak jauh !! Kereta ekonomi sudah pake AC semua, sy dpt info dr stasiun clk ketika nyari tiket KA sby-bdg bln april ϑi tgl 16 maret. Bisa ϑi cek ke stasiun trdkt kesayangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang banget ya.. ga bisa pake ekonomi yg murmer lg :(

      Hapus
  4. ƍa Άϑα lg deh hrg 30rb an :(

    BalasHapus
  5. kira lebih ekonomis mana ya kalo mau ke batu? naik pasundan/kahuripan (100rb) atau malabar (130)? hehe terimakasihhhh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke batu mah mending naik kahuripan/pasundan mas.. nanti dari kediri naik bus Rp.17.000 an yang langsung lewat batu..

      kalo naik malabar, turun di pusat kotanya, lumayan jauh ke batu. Trus ngelauarin ongkos lagi.

      Hapus
  6. Kalau mau ke semeru mendingan naik apa? pasundan atau malabar? terus lebih baik turun di stsiun apa?

    terima kasih

    BalasHapus
  7. Kalo mas ali punya budget lebih mending naik Malabar, langsung turun di stasiun kota baru Malang. Dari sana tinggal naik angkot ke Pasar Tumpan (tempat naik jeep atau truk ke semeru).

    Kalo naik pasundan, kita turunnya di stasiun gubeng surabaya, dari sana ke Malangnya bisa lanjut naik bus atau naik kereta kalo jurusan ke stasiun kota baru malang kalo masih ada pada jam itu. :)

    BalasHapus
  8. Bang opik, saya mau nanya untuk rute pulang dari malang. memangnya kereta penataran surabaya-blitar bener lewat kediri?? kalo iya, kira-kira kereta penataran lewat malangnya setiap jam berapa aja tau ga bang?? saya nejar kereta kahuripan yang berangkatnya jam 2 siang nih

    BalasHapus
  9. halo agan opik, mau tanya dong kalau mau ke malang setelah kenaikan harga ekonomi , bagusnya gmn ya yang paling irit. Tujuan saya ke pulau sempu, selatan malang . thanks lhoo :)

    BalasHapus
  10. buat yg ga sepet di jawab:

    setelah kenaikan tiket harga kereta ekonomi yg sekitar 150 persen, jd sekarang harga tiket sekitar 100rb. dan tiket ekonomi tersebut masih tetap lebih murah dibanding harga tiket malabar (bedanya sekitar 80 rb).

    @ anonim : untuk jadwal sekarang saya kurang tau gan, coba di googling :)

    @mifachri : kalo ada uang mending pake malabar yg langsung ke malang, tp kalo mau irit sedikit bisa pake yg 2 kali naik kereta seperti tulisan artikel ini (dgn catatan jgn liat harga tiket di artikel ini, cos belum di edit lg);)..

    BalasHapus
  11. bang saya mau nanya..rencana saya berangkat ke gunung bromo bagusnya saya pake kereta yg mana trus enaknya pake alternatif ya mana ne bang mohon di bantu.. atau kalau boleh diemail ke saya ya setiawanbdg01@gmail.com

    BalasHapus
  12. kalo ada uang langsung aja naik kereta malabar, kalo ga, ya ngeteng naik 2 kali kereta, ikuti tips hemat di atas.. :)

    BalasHapus
  13. hallo mas, tips yg sangat bermanfaat. mau tanya mas, kalau dr bandung langsung ke bromo mending pake kahuripan kediri atau pasundan surabaya ya? trus nyambung nyampe bromonya gimana? makasih yaaa :)

    BalasHapus
  14. kalo saya pake kediri, trus nyambung pake bis ato kereta lokal, cos nyampe kedirinya pagi/siang jad enak..

    dari malang ke pasar tumpang naek angkot sekitar 2 kali atao carter aja... dari pasar tumpang trus naek jeep ke bromo, ongkos jeep sekitar 35ribu/ orang

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Nice info mas! Kebetulan saya mau ke malang (bromo)

    BalasHapus
  17. ada yg mau ikut juga ke bromo g??
    rencana keberangkatan tgl 8 januari 2014 dari bdg. klo mau kta janjian di stasiun Kircon hub aja 081223438696(elsa). udh ada sekitar 3 orang yang mau berangkat. klo ada 3 orang lagi lebih enak coz biaya kan bs lebih ditekan.hehehe
    oh ya a opik dari kediri tuh kita langsung ke malang yah. trus dari malang kt tinggal naik angkot aja itu teh?
    soalnya sy dpet info hrus ke terminal arjosari dl dari malang trus ke terminal arjosari trus ke probolinggo trus ke pasar tumpang buat sewa jeep. yg betul yg mana y a?
    perkiraan waktu perjalanan dari malang ke pintu masuk bromo itu brp jam a?
    trims sebelumnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi terminal arjosari itu ada di kota malang..

      dari terminal tsb kita tinggal naik angkot 2 kali ke tumpang (lupa jurusan apa aja) cuman tinggal tanya aja mau ke tumpang,

      atau kalo banyakan tinggal carter dr terminal ke tumpang jd ga usah 2 kali naik angkot..

      perkiraan waktu dr malang ke pintu masuk bromo sekitar 3 jam lebih kalo lancar.. kalo dari tumpang sekitar 2 jam..

      mksh kembali..sama2 :)

      Hapus
  18. Halo, saya mau nanya tanggal 22 juni nanti saya akan ke malang, tepatnya ke P-WEC (petungsewu Wildlife Education Center) sebaiknya menggunakan pilihan rute yg mana yah? kemudian dari malang ke daerah p-wec itu bagaimana yah? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. maaf baru dibales komentarnya mba..
    waduh saya kurang tau mba kalo mau ke P-WEC :)

    BalasHapus
  20. kalo dulu dari kediri ke kiaracondongnya berangkat jam berapa? soalnya skrg dr kediri berangkat jam 2 siang. masih bingung dari malang ke kedirinya naik apa takutnya ga ada kereta

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak anda.

Terima kasih sudah berkomentar