Selasa, 29 Mei 2012

Calo tiket Kereta api

Kemarin sore (Senin, 28 Mei 2012), saya pergi ke Stasiun Kereta Api Kiaracondong Bandung buat beli tiket untuk 7 orang, keberangakatan hari jumat malem jam 21.30 ke Stasiun Gombong/Kebumen. Tapi pas saya udah ada di depan loket tiket, ternyata eh ternyata tiket udah habis sampai tanggal 3 Juni (Minggu). Kereta Pasundan abis, Kahuripan abis, Kutojaya abis. Padahal saya dateng h-5 dari keberangkatan tapi kok udah abis ya, apa memang laku banget tuh jurusan? Ehmm, entahlah tapi saya ada spekulasi lain yaitu tiket itu diborong para calo tiket.

Gak dapet tiket di loket resmi, ya kepaksa saya beli di calo-calo yang dengan nyantai & cuek nawar-nawarin tiket ke calon-calon penumpang yang kehabisan tiket, ibarat umpan bersambut ikan kelaparan. Udah bisa ditebak dong kenapa tiket cepet abisnya,  ya seperti spekulasi saya di atas. Di stasiun Kiaracondong saya lihat banyak banget calo, ada sekitar 10 orang. Seorang calo punya tiket untuk semua jurusan dengan jumlah yang banyak untuk keberangkatan sampai 5 hari kedepan. Pantes aja tiket cepet abis, seorang  calo diprediksi bisa megang 20-30 tiket perhari, kali 10 orang calo jadi tiket yang ada dicalo ada sekitar 200-300 tiket.


Untuk harga tiket yang ditawarin pun ga kalah gila pula, 3 kali lipat dari harga normal. Kalo saya beli tiket dari loket resmi jurusan ke Stasiun Gombong/Kebumen pake kutojaya selatan ekonomi, harganya cuman Rp.20.000, kalo di calo kali aja 3 jadi = Rp.60.000, ditawar aja susahnya minta ampun.

Ternyata ada aturan baru yang berlaku mulai tgl 15 mei 2012 dari pihak kereta api, yang mengharuskan kita sebagai pemesan/pembeli tiket kereta ekonomi jarak jauh untuk membeli atau memesan seminggu (7 hari) sebelum hari keberangkatan. Peraturan/kebijakan tersebut  cukup membuat penumpang kebingungan karena ga bisa beli pas hari H.

Jadi kalo mau beli tiket kereta api, sebaiknya beli atau mesen dulu minimal seminggu (7 hari) sebelum keberangkatan, ya kalo ga mau uang kita terkuras cuman buat calo.

7 komentar:

  1. Calonya nyebelin banget deh.....
    Peraturan baru PJKA juga ada-ada ajah, berarti kita harus nggak boleh pergi mendadak kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh mls bgt calo ada dimana2,,boleh ngedadak cuman resikonya ya beli di calo :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. tips sederhana bebas calo tiket kereta api (sesuai pengalaman pribadi) :

      -jangan beli ngedadak (penting banget), usahain beli tiket 8-7hari sebelum hari keberangkatan untuk ekonomi, atau booking dulu untuk yg bisnis/eksekutif

      -kalo bisa reservasi mending reservasi dulu (booking)

      -pas beli tiket usahain pagi-pagi banget atau subuh2 sebelum loket buka dan sebelum orang2 pada dateng buat ngantri

      -survey dulu ke loket penjualan tiket (misal 2 minggu sbelum hari h)

      -misal kalo mentok harus beli di calo, jangan beli pas mau berangkat (misal setengah jam mau berangkat), tapi usahain pas stasiun masih sepi, krna si calo kalo pas lagi rame suka masang harga seenaknya (bisa 3 kali lipat), kalo lg sepi dia udah ada yg beli juga untung.

      hehe, semoga bermanfaat
      -opik-

      Hapus
    2. satu lagi harus berani nawar :)

      Hapus
  3. wah...ntar kalo aku mau beli tiket...aku mau nitip ke opik aja buat dibeliin ya...hahahaha....asik

    BalasHapus
  4. wah...ntar kalo aku mau beli tiket...aku mau nitip ke opik aja buat dibeliin ya...hahahaha....asik

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak anda.

Terima kasih sudah berkomentar