Kamis, 22 Maret 2012

Ci Kalapa

Beberapa minggu kebelakang, ibu saya kalo pagi-pagi pergi ke pasar pulangnya jadi suka beli air kelapa (bhs sunda : Ci Kalapa) yang memang katanya cukup berkhasiat bagi tubuh. Harganya pun sangat murah, air kelapa yang seukuran kira-kira 750 ml (sekitar 2 gelas) bisa cuman Rp.500 - Rp.1000, kalo dulu seingat saya sih gratis kalo kita beli kelapanya jadi bonusnya air kelapa. Di masyarakat sunda, air kelapa terlebih kelapa muda bisa mengobati orang yang keracunan, dengan minum kelapa bisa menjadi penetralisirnya, ataupun mungkin yang suka makan jengkol dan keracunan jengkol (Bhs Sunda : Jejengkoleun) air kelapa pun bisa jadi obat penangkalnya.


Air kelapa yang dibeli di pasar


Selain itu ada beberapa khasiat air kelapa yang saya sarikan dari http www.obatherbalalami.com, diantaranya :
  • Air kelapa bisa untuk mengobati atau mengurangi diare
  • Air kelapa bisa untuk mengobati atau mengurangi muntaber
  • Air kelapa tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.
  • Air kelapa bisa membersihkan saluran pencernaan, selain itu dapat memperbaiki sirkulasi darah.
  • Selain bisa untuk membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, air kelapa juga dapat membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit
  • Bagi Anda yang mengidap penyakit batu ginjal, coba membiasakan untuk meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa ini akan mambantu memecah batu ginjal sehingga memudahkan mereka keluar dari tubuh
  • Sejak dahulu air kelapa dikenal dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa bisa meredakan rasa sakit akibat susah kencing
  • Air kelapa bisa untuk memulihkan rasa pusing secara cepat akibat mabuk.
  • Air kelapa yang sangat kaya akan elektrolit dan potassium . Dan kiat tahu bahwa potassium berguna untuk membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung
  • Jika ada anggota keluarga anda yang menderita DBD, air kelapa dapat mempercepat naiknya trombosite.
  • Air kelapa bermanfaat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. 
  • Air kelapa muda bisa untuk mengatasi dehidrasi. Caranya yaitu dengan mencampurkan dengan sedikit sari jeruk sitrun. 

Tapi tentunya mengkonsumsi air kelapa pun jangan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik :).

Selain itu air kelapa juga kaya akan Kalium dan zat-zat menguntungkan lainnya bagi tubuh seperti dikutip dalam kompas.co.id. Dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri. Mineral terbanyak adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak magnesium, dan klorida, sedangka natrium jumlahnya sangat sedikit.

Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan. Komposisi zat gizinya mendekati cairan isotonik, yang sesuai dengan cairan tubuh. Minuman isotonik diharapkan dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat selama aktivitas olahraga atau kegiatan lainnya.

"Hanya saja, orang yang aktif berolahraga perlu berhati-hati soal penggunaan air kelapa sebagai minuman elektrolit," imbuh Emilia Achmadi, MSc, health coach dari Sehati. Mereka harus mengetahui jenis olah raga yang dilakukan dan lamanya. Bila olah raga terbilang berat, katakanlah aerobik selama 3 jam tanpa henti, tubuh akan kehilangan banyak sodium. Konsumsi air kelapa tidak bisa mengimbangi kebutuhan tubuh terhadap sodium. Tak lain karena sodium dalam air kelapa hanya sedikit. Kalau ini yang terjadi, tubuh bisa kekurangan sodium. Akibatnya, otot tidak bisa berkontraksi dengan baik. Detak jantung dan fungsi organ tubuh akan terganggu. Risiko terburuknya? Anda bisa pingsan.

Namun, kalau olah raga yang dilakukan tidak tergolong berat, seperti jalan cepat selama 1 jam atau beryoga misalnya, minum air kelapa tidak masalah. Syaratnya, tetap konsumsi air-mineral biasa. Hal-hal seperti inilah yang harus diluruskan dan diperhatikan oleh orang awam agar tak keliru memahaminya.

Nah, jadi daripada beli minuman isotonik dalam kemasan, sachet atau kalengan mending kita beli Ci Kalapa asli yang memang jauh berkhasiat dan memang alami tanpa zat pengawet atau proses di Pabrik. Dan harganya sangat jauh lebih murah dan tentunya membantu pedagang kecil di pasar-pasar tradisional, karena air kelapa jarang dijumpai di Pasar modern seperti supermarket atau minimarket.

3 komentar:

  1. Kalo saya mah, air kalapa teh dibuat untuk rebusan bikin tempe/tahu bacem....bikin lebih nikmat :)

    BalasHapus
  2. jago masak kayanya nih ya ? :))

    BalasHapus
  3. Ngabisin masakan mah jago :))

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak anda.

Terima kasih sudah berkomentar